Friday, March 23, 2012

MENGAPA LEMBAGA PENDIDIKAN PERLU MANAJEMEN PENDIDIKAN



Pendidikan memiliki peran yang sangat vital bagi perkembangan zaman dalam arus globalisasi ini dan sebagai pendorong individu dan masyarakat untuk meraih progresivitas pada setiap aspek kehidupan. Pendidikan merupakan aspek penting dalam proses transformasi personal dan sosial yang mensyaratkan adanya pemberdayaan didalamnya.
Akan tetapi, telah terjadi pergeseran paradigma yang awalnya memandang bahwa lembaga pendidikan merupakan lembaga sosial, dipandang sebagai suatu lahan bisnis yang mengindikasikan perlunya perubahan pengelolaan. Perubahan pengelolaan tersebut harus seirama dengan lajunya perubahan dan tuntutan zaman.
Situasi, kondisi dan tuntutan pada era reformasi ini membawa konsekuensi kepada lembaga pendidikan untuk berpandangan futuristic dan visioner. Maka lembaga pendidikan perlu mengambil langkah antisipatif untuk mempersiapkan diri bertahan pada zamannya. Mempertahankan diri dengan tetap mengacu pada pembenahan total mutu pendidikan berkaitan erat dengan manajemen pendidikan adalah sebuah keniscayaan.
Untuk menuju point perubahan pendidikan secara menyeluruh, maka lembaga pendidikan harus memprioritaskan manajemen pendidikan untuk kelangsungan progam pendidikan sehingga dapat menghasilkan out-put yang diinginkan. Akan tetapi dalam situasi sekarang masih terdapat institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Manajemen yang digunakan masih konvensional, sehingga kurang bisa menjawab tantangan zaman dan terkesan tertinggal dari modernitas.
Jika manajemen pendidikan sudah tersusun dengan baik dan universal, niscaya pelayanan sekolah yang buruk, minimnya profesionalisme tenaga pengajar, sarana-prasarana tidak memadai, pungutan liar, hingga kekerasan dalam pendidikan tidak akan lagi terdegar. Manajemen dalam sebuah organisasi pada dasarnya dimaksudkan sebagai suatu proses (aktivitas) penentuan dan pencapaian tujuan organisasi melalui pelaksanaan empat fungsi dasar: planning, organizing, actuating, dan controlling dalam penggunaan sumber daya organisasi.
a.      Planning
Dalam penyusunan kegiatan lembaga pendidikan, diperlukan data yang cukup dan valid, pertimbangan dan pemikiran oleh sejumlah orang yang berkaitan dengan hal yang direncanakan. Oleh karena itu kegiatan perencanaan sebaiknya melibatkan setiap unsur lembaga pendidikan tersebut dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
b.                b. Organizing
Pengorganisasian merupakan salah satu aktivitas manajerial yang  juga menentukan berlangsungnya kegiatan kependidikan sebagaimana yang diharapkan. Lembaga pendidikan sebagai suatu organisasi memiliki berbagai unsur yang terpadu dalam suatu sistem yang harus terorganisir secara rapih dan tepat, baik tujuan, personil, manajemen, teknologi, siswa/member, kurikulum, uang, metode, fasilitas, dan faktor luar seperti masyarakat dan lingkungan sosial budaya.
c. Actuating
Dalam konteks lembaga pendidikan, kepemimpinan pada gilirannya bermuara pada pencapaian visi dan misi organisasi atau lembaga pendidikan yang dilihat dari mutu pembelajaran yang dicapai dengan sungguh-sungguh oleh semua personil lembaga pendidikan. Di dalam kepemimpinan  pendidikan sebagaimana dijalankan pimpinan harus dilandasi konsep demokratisasi, spesialisasi tugas, pendelegasian wewenang, profesionalitas dan integrasi tugas untuk mencapai tujuan bersama yaitu tujuan organisasi, tujuan individu dan tujuan pemimpinnya.
d. Controling  
        Pengawasan atau controlling adalah suatu upaya sistematis untuk menetapkan standar prestasi kerja dengan tujuan perencanaan untuk mendesain sistem umpan balik informasi; untuk membandingkan prestasi sesungguhnya dengan standar yang telah ditetapkan itu. Menentukan apakah ada penyimpangan dan mengukur signifikansi penyimpangan tersebut serta mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan telah digunakan dengan cara yang paling efekif dan efisien guna tercapainya tujuan sebuah lembaga pendidikan.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host