Tuesday, January 31, 2012

CONTOH MEDIA: NASKAH AUDIO

Oleh: Almas akbar dkk. 

Naskah Rekaman

Musik
Ann        : Assalamu’alaikum wr. wb
Selamat bergabung kembali bersama kami di Junior FM. Radio pendidikan agama Islam yang sebaiknya anda dengarkan. Acara kali ini ditujukan kepada siswa SD di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.
Musik        : Down-Up
Ann        : Selamat berjumpa kembali siswa siswi Sd kelas V SD, dalam acara Encyclopedia of Islamic education. Pada kesempatan kali ini kami hadir memberikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi “Makna Basmallah”.
Musik        : Down-Up
Sejak kecil kita semua telah diajari dan hafal apa itu ucapan basmallah. Namun, apakah kalian tahu apa sebenarnya makna ucapan basmallah? Nah, setelah mendengarkan program ini, diharapkan kalian akan dapat menjelaskan tentang manfaat “Basmallah” dan juga membiasakan membaca basmallah setiap akan melakukan pekerjaan. Baiklah, mari sekarang kita masuk pada pembahasan dan kita dengarkan cerita tentang setan kurus VS setan gemuk berikut ini. Check it dot. . .
Musik        : Down-Up-Down
Narrator    : Pada suatu hari, setan yang menggoda orang mukmin bertemu dengan setan yang menggoda orang kafir. Ternyata setan yang menggoda orang kafir itu rambutnya  berminyak, gemuk dan kekar, sedangkan setan yang menggoda orang mukmin kurus, kusut, kotor dan telanjang. Dan terjadilah percakapan antara kedua setan tersebut.
Musik        : Down
Setan gemuk    : Weh..wehhh.. kowe ki lak kancaku sing biyen kae to? Piye kabare bro???
Setan kurus    : Iyo ki, iseh kelingan to. . .padahal aku wis soyo elek ngene. . .
Setan gemuk    : Betul banget, kowe ki saiki cen elek. . .haaa kok bisa dadi gering, kurus kerontang ngono e??
Setan kurus    : Ho’oh ki, nasib tnan kok nggodani wong mukmin, huhuhu. . .
Setan gemuk    : Halah piye??
Setan kurus    : He’eh nak meh maem pada do’a, aku dadi ra maem, mimik ya do’a aku ya dadi ra mimik, nganggo klambi we do’a kok bro, aku kan dadi ora kebagian apa-apa. . .trus nek. . .
Setan gemuk    : nek meh pada afus, mlebu kamar mandi ya do’a sek, gek kowe ra isa melu adus toh?? Wakakakakkkk. . .enakan aku ya. . .aku seperti raja, hidup bahagia, damai dan sejahtera bisa ikut makan, minum, berpakaian dan mandi sesuka hati.
Setan kurus    : Hwaahhhh. . .haaa kok bisa????
Setan gemuk    : Lhaaa jelas donkk. . .caranya. . .hidup bersama orang-orang kafir, yang tidak pernah menyebut nama Allah dalam setiap kegiatannya, sehingga aku bisa ikut mencampuri kegiatan mereka. . .mereka makan, aku juga makan, mereka minum, akupun minum, jadilah aku tumbuh besar, gemuk dan sehat. . . hahahaha.
Setan kurus    : Wahhhh. . .enak yaa. . .
Musik        : Up-Down-Up
Narator    : Nah, setelah kalian menyimak dialog yang terjadi antara setan kurus dan setan gemuk tadi kita bisa mengetahui bahwa ternyata setan yang mengganggu orang muslim yang senantiasa membaca basmallah setiap akan melakukan pekerjaan bertubuh kurus, rambutnya kusut, kotor dan telanjang karena tidak pernah bisa ikut makan, minum dan memakai pakaian orang yang digodanya. Namun apa yang terjadi dengan setan yang menggoda orang kafir??? Ternyata tubuh setan itu menjadi gemuk dan kekar karena ia bisa ikut menikmati makanan dan minuman orang yang digodanya. Anak-anak, dari cerita tadi kalian bisa mengambil kesimpulan mengenai manfaat dari basmallah kan?? Nantinya kalian bisa membiasakan untuk membaca basmallah setiap akan melakukan suatu pekerjaan. Jangan biarkan setan disekitarmu menjadi gemuk dan rapi melebihi kamu, biarkan saja setan itu kkurus, kering dan jelek karena kamu tetap membaca basmallah setiap akan melakukan pekerjaan.
Musik        : Up-Down
Ann        : Iya, demikianlah siaran radio mengenai pendidikan agama Islam, kerjasama antara radio “Junior FM” dan kementrian agama Daerah Istimewa Yogyakarta, semoga bermanfaat dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. OK. . .kalau begitu cukup sekian siaran kali ini. Sampai jumpa di acara berikutnya.
Wassalamu’alaikum wr. wb
Musik        : Up-Down

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host