RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MTs Darul Ulum Jepara
Kelas/semester :
VII / 2
Mata pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Pertemuan ke :
3
Alokasi
waktu : 1 x 15 menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami
sejarah kebudayaan Islam pada masa Khulafaurrosyidin.
II.
Kompetensi Dasar
1.
Mengambil Ibroh dari
prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrosyidin untuk masa kini dan yang
akan datang.
2.
Meneladani gaya
kepemimpinan Khulafaurrosyidin.
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa mampu menyebutkan
ibroh dari prestasi yang dicapai oleh khulafaurrosyidin
2.
Siswa mampu menguraikan
gaya kepemimpinan khulafaaurrosyidin
3.
Siswa mampu memberikan
contoh implementasi sikap hidup khulafaurrosyidin dalam kehidupan sekarang.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pelajaran ini dengan metode Ceramah, Tanya jawab, dan, Diskusi, diharapkan
Ø Peserta didik mampu :
·
Menyebutkan ibroh dari
prestasi yang dicapai oleh khulafaurrosyidin
·
Menguraikan gaya
kepemimpinan khulafaaurrosyidin
· Memberikan contoh
implementasi sikap hidup khulafaurrosyidin dalam kehidupan sekarang.
Ø Nilai
karakter yang di dapat :
·
Toleransi
·
Kerja sama
·
Bijaksana
·
Cinta kasih sesama
V.
Materi Ajar
Ø Ibroh dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh
Khulafaurrosyidin.
Ø Gaya kepemimpinan
Khulafaurrosyidin.
VI.
A.
Metode
Pembelajaran
ü Ceramah
ü Tanya jawab
ü Diskusi
B. Strategi Pembelajaran
ü Team Quis
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan pendahuluan
1.
Guru membuka dengan
mengucapkan salam
2.
Guru mengkondisikan
kelas dengan berdoa bersama sebelum pembelajaran dimulai.
3.
Guru memberikan appersepsi
4.
Guru melakukan
pre-test kepada siswa
5.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran dari materi yang akan dicapai
|
2
menit
|
B.Kegiatan
inti
Ø Eksplorasi
1.
Guru memberikan
penjelasan singkat tentang pokok bahasan materi.
2.
Siswa dibagi menjadi
empat kelompok.
3.
Masing-masing
kelompok diberi kertas pokok materi sesuai dengan pembagian masing-masing
pokok bahasan untuk didiskusikan.
4.
Siswa diberi
kesempatan untuk menganalisis dan mendiskusikan pokok bahasannya.
Ø Elaborasi
1.
Perwakilan dari
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
2.
Kelompok lain mengajukan
pertanyaan terhadap kelompok lain.
3.
Siswa mencatat
hal-hal penting yang dipresentasikan oleh kelompok lain.
4.
Siswa secara acak ditunjuk
untuk menjelaskan hasil catatannya dari presentasi kelompok lain.
Ø Konfirmasi
1.
Guru memberikan
apersepsi positif kepada siswa.
2.
Guru memberikan
klarifikasi singkat dari hasil diskusi
3.
Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan sesuatu yang belum jelas dari materi
pembelajaran.
|
10
menit
|
C.Kegiatan
penutup
1.
Guru mengadakan
Pos-tes
2.
Guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari bersama
3.
Guru bersama siswa
menutup pembelajarn dengan membaca doa penutup
4.
Guru menutup
pembelajaran dan dilanjutkan dengan salam
|
3
menit
|
VIII.
Penilaian Hasil Belajar
o Kognitif
Mengajukan beberapa pertanyaan pada siswa untuk
dijawab sesuai dengan pemahamannya.
o Afektif
Mengukur berdasarkan indikator kerjasama dalam tim kelompok untuk
mengetahui seberapa besar rasa toleransi,
kerja sama, bijaksana, cinta kasih sesama dan semangat
belajar dalam kehidupan sehari-hari.
o Psikomotorik
Praktek membiasakan siswa sebelum dan
sesudah dimulai pembelajaran untuk
membaca doa.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø Menyebutkan
ibroh dari prestasi yang dicapai oleh khulafaurrosyidin
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø
Bagaimana sifat Kholifah Umar bin Khotob dalam memimpin Negara?
Jawab:
Ia meletakan dasar-dasar demokrasi dalam Islam
serta benar-benar memperhatikan kepentingan rakyat.
|
Ø Menguraikan
gaya kepemimpinan khulafaaurrosyidin
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Ø
Bagaimana gaya kepemimpinan kholifah Ali bin Abi Tholib dalam mempin
negara?
Jawab:
Beliau pemimpin yang sangat tegas dan mengutamakan
kebenaran.
|
Ø Memberikan
contoh sikap hidup khulafaurrosyidin yang diimplementasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes Lisan
|
Lisan
|
Ø
Menurut kalian, untuk kondisi Negara Indonesia seperti saat ini gaya
kepemimpinan Khulafaurrosyidin manakah yang paling tepat?
|
IX.
Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber
ü Darsono
dan Ibrahim. 2008. Tonggak Sejarah Budaya
Islam 1, untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai
ü Modul Hikmah SKI MTs kelas VII penerbit Akik Pustaka
2.
Media
dan Bahan
a.
White board
b.
Spidol
Jepara , 19
Desember 2011
Mengetahui
Kepala
MtsN Darul ‘Ulum Jepara
|
|
Guru
Pengampu
|
Drs. Suprapto Hadjiningrat. M.Pdi
NIP.19051978500100
|
|
Almas Juniar Akbar
NIM:
09410190
|
0 komentar:
Post a Comment